Obyek Wisata Pati


Obyek Wisata Alam 'GUA PANCUR'

Terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen dari kota Pati 20 km, panjang gua 7365 m dengan stalagtit dan stalagnit sangat indah.Debit air + 40 lt/detik cukup untuk pengairan sawah di sekitarnya.

Fasilitas kolam pancing, hutan jati, pemandangan alam yang indah


Obyek Wisata 'GUA WAREH'

Terletak di Desa Kedumulyo Kec Sukolilo sejauh + 24 km dari kota Pati, luas areal obyek 4,5 ha mempunyai 2 lorong, kekiri 100 m panjangnya, terdapat sungai bawah tanah dan kearah kanan dari mulut gua panjangnya 50 m tembus ke luar gua


Obyek Wisata Budaya 'PINTU GERBANG MOJOPAHIT'

Terletak di Desa Muktiharjo Kec Margorejo, sejauh 4 km dari kota Pati.Pintu Gerbang ini merupakan peninggalan kerajaan Mojopahit yang di angkat oleh Kebonyabrang sebagai persyaratan untuk diakui sebagai Putra Sunan Muria, namun setelah sampai di Desa Rondole, Kebonyabrang tidak kuat melanjutkan perjalanan. Akhirnya Sunan Muria memerintahkan bahwa perjalanan tidak usah diteruskan dan Kebonyabrang disuruh menunggu pintu gerbang tersebut sampai meniggal dunia

Obyek Wisata " Tadah Udan"





OBYEK WISATA GUNUNGROWO INDAH

Terletak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Jarak dari Kota Pati lebih kurang 16km, dengan kondisi jalan beraspal. Luas areal obyek lebih kurang 320 ha dengan pemandangan
alam yang indah berupa gunung dan lembah yang hijau penuh tanaman kopi, cengkih, buah-buahan dan tanaman pertanian laiinya.

Falilitas

- Wisata air Speed boat, bebek air

- Taman rekreasi Mainan anak-anak, Gardu pandang, panggung terbuka

- Jalan Lingkar. Pada hari-hari besar diadakan hiburan dan lomba

OBYEK WISATA ALAM AIR TERJUN GRINJINGAN SEWU DAN AIR TERJUN SEPLETUS

Terletak di Desa Jrahi Kecamatan gunungwungkal, sejauh lebih kurang 27km dari Kota Pati.Terjunan air Grinjingan Sewu lebih kurang 25 meter dan Terjunan air Sepletus lebih kurang 100 meter di tengah kehijauan alam yang asri, sejuk dan indah. Tanaman Bawang putih dan jeruk adalah penghasilan utama bagi penduduk sekitar obyek. Lokasi air terjun ini lebih kurang 600 meter dari permukaan laut.

OBYEK WISATA KEBUN KOPI JOLLONG

Terletak disisi timur Pegunungan Muria pada ketinggian 800m dari permukaan laut, di Desa Jollong Kecamatan Gembong lebih kurang 20km dari Kota Pati, berpanorama indah dan berhawa sejuk. Pabrik kopi dn perkebunannya bekas peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih aktif berprodoksi
Kondisi jalan menuju ke obyek sudah beraspal dan bisa dijangkau kendaraan roda empat sampai di depan obyek

Daya Tarik obyek Wisata

a. Camping Fasilitasnya sudah baik dan sering digunakan untuk camping adik-adik pramuka dan mendapatkan respons yang baik, karena sudah dibuatkan fasilitas-fasilitasnya antara lain Lapangan, mck, sungai dengan air yang selalu bersih dan arena parkir yang luas.

b. Kebun Bunga Kebun Bunga yang dikembangkan oleh PTP dengan luas lahan lebih kurang 400m2 terletak di lingkungan rumah dinas administratur PTPXVIII Kebun Kopi Jollong.

c. Air Terjun

Kondisinya nampak asri dan alam sekitarnya sangat indah, Dan untuk menuju ke lokasi sudah dibuatkan jalan setapak.

AGROWISATA PERIKANAN AIR TAWAR DESA TALUN, KECAMATAN KAYEN, KABUPATEN PATI

Kawasan Agrowisata Prikanan air tawar di Desa Talun Kecamatan Kayen terletak lebih kurang 10km Pati

Luas tambak lebih kurang 8 Ha

Jenis ikan IKan bandeng, ikan tawes, nila dan karper.

Sementara ini yang sudah dioperasionalkan adalah untuk tempat pemancingan dan pondok saji ikan bakar sebagai sarana rekreasi keluarga yang murah meriah khususnya pnggemar memancing.

KERETA WISATA

Kereta Wisata DISHUBPAR(Dinas Perhubungan dan Pariwisata)Kabupaten Pati menyediakan Paket Wisata baik anak-anak (khususnya TK dan SD) dengan tujuan Obyek Wisata di Kabupaten Pati mampu mengangkut lebih kurang 50 anak maupun Paket Wisata lainnya.

Guna menyemarakkan Kota Pati setiap sore digunakan berwisata keliling Kota khususnya sekitar aloon-aloon Pati, sedangkan pada setiap hari Minggu di sekitar Stadion joyokusuma Pati.

OBYEK WISATA RELIGIUS

1. OBYEK WISATA MAKAM SARIDIN (SYECH JANGKUNG)

Terletak di Desa Landoh, Kecamatan Kayen sejauh lebih kurang 17 Km dari Kota Pati ke arah selatan melalui jalan raya menuju Kabupaten Purwodadi turun di Kayen, ke lokasi lewat jalan kampung yang sudah beraspal sampai desa makam.

Fasilitas Obyek: - Bangunan Pendopo. - Tempat Mandi,Cuci dan Kakus
- Bangunan Masjid. - Tempat Penitipan Sandal/Sepatu
- Bangunan Makam. - Tempat Parkir

Makam ini ramai dikunjingi wisatawan, lebih-lebih hari Jum at Pahing, penunjung dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur,Sumatera bahkan Malaysia dan Singapura.

Mengenai Upacara Khol dilaksanakan setiap tanggal : 14 - 15 bulan Rajab dengan acara : - Upacara Ganti Selambu - Pasar Malam
- Pengajian

Sejarah :

Menurut cerita Saridin (Syech Jangkung) dilahirkan di Desa Landoh Kiringan Tayu.Setelah dewasa beliau berkelana di daerah-daerah Pulau Jawa bahkan sampai di Sumatera untuk menyebarkan Agama Islam.

Waktu masih hidup beliau wasiat apabila wafat agar dimakamkan di Desa Landoh,Kayen.

Dikomplek Makam Saridin ada beberapa makam : a. Makam bakul legen yaitu Prayoguna dan Bakirah.
b. Makam isteri-isterinya yaitu RA Retno Jinoli dan RA Pandan Arum.

OBYEK WISATA MAKAM SYECH KH.AKHMAD MUTAMAKKIN

Terletak di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati yang dikenal sebagai Kampung Pesantren.Desa yang posisinya jauh dari keramaian kota sekitar lebih kurang 18 Km dari Kota Pati ke Utara dengan kondisi jalan sudah beraspal.

Asal-Usul:

Syech KH. Akhmad Mutamakkin adalah salah seorang wali ullah yang banyak mempunyai karomah dan telah berjasa besar dalam p e r i n t i s a n dan penyebaran Agama Islam, seorang faqih yang dia s e g a n i s e r t a berpandangan jauh beliau berdakwah dari tempat ke tempat yang dianggap tepat sasaran.Setiap tanggal 10 Muharam Hari Haul beliau diperingati dengan penuh hidmat.

OBYEK WISATA MAKAM SYECH RONGGO KUSUMO.

Terletak di Desa Ngemplak, Kecamatan Margoyoso,Kabupaten Pati, sebelah Barat Desa Kajen lebih kurang 2 Km.

Cerita singkat:

K.Raden Ronggokusumo adalah putera K.Agung Meruwut yang juga masih keponakan KH.Ahmad Mutamakkin yang merupakan salah satu murid yang lain, ia diperintahkan untuk membuka tanah (menebang hutan) disebelah barat Desa Kajen.

Perintah beliau dilaksanakan penuh tanggungjawab sehingga dalam waktu yang singkat (konon dalam waktu satu malam) tanah tersebut terlihat emplak-emplak, sehingga oleh beliau dinamai Desa NGEMPLAK.

K.Raden Ronggokusumo menetap di Desa tersebut dan ia berjasa besar dalam menyiarkan Agama Islam.Setiap tanggal 10 Shafar, Hari Ulang Tahun atau Haul yang selalu dibanjiri oleh para zairin dari berbagai daerah.

OBYEK WISATA BUDAYA SENDANG TIRTA MARTA SANI.

Terletak di Desa Tamansari Kecamatan Tlogowungu sejauh lebih kurang 4 Km dari Kota Pati. Sendang Seni adalah sumber air dimana Sunan Kalijogo akan mengambil air wudlu tiba-tiba disisani oleh pengawalnya sehingga disabda oleh beliau menjadi seekor bulus.

Di komplek obyek ini terdapat Makam Adipati Pragola beserta pengawalnya dan masih dianggap keramat oleh masyarakat sekitarnya.

Setiap tahun tepatnya bulan Maulud selalu diadakan prosesi oleh Yayasan Handodento.

Fasilitas :

a. Paseban : Tempat untuk mengheningkan diri mohon kepada Sang Pencipta.

b. Padusan : Tempat mandi yang airnya diambil dari Sendangsani yang sementara
dipercayai membawa berkah.

c. Kolamrenang : Sarana rekreasi anak-anak dan remaja (dalam proses perbaikan).

d. Pendopo : Sarana pentas kesenian Pati.

e. Areal Parkir yang luas.




0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By HARYANTO DKC © 2009 | Editor : SAIFUDIN |Resolution: 1024x768px|Best View: Firefox|Top